PIDATO SISWA BERTEMA "PERAN PELAJAR DALAM MEMBERANTAS KORUPSI DI INDONESIA"

Globalisasi merupakan kata yang marak terdengar akhir-akhir ini. Baik di media elektronik maupun cetak. Bahkan dalam materi pelajaran kelas 4 ada bab yang membahas tentang Globalisasi. Materi Globalisasi pada kelas 4 bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan siswa tentang pengaruh globalisasi di lingkungannya.
Globalisasi bisa berdampak positif , namun bisa juga berdampak negatif bagi kehidupan manusia. Salah satu dampak negatif globalisasi adalah adanya korupsi. Korupsi yang merajalela di Indonesia saat ini megharuskan generasi muda terutama pelajar untuk sebisa mungkin mengurangi atau bahkan menghilangkan perilaku korup masyarakat Indonesia.
Upaya pencegahan korupsi sejak dini yaitu dengan menanamkan jiwa anti korupsi bagi pelajar, salah satunya dengan membuat pidato dengan tema "Peran Pelajar dalam Memberantas Korupsi di Indonesia".

Inilah hasil pidato terbaik yang dibuat oleh siswa kelas 4:

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bapak guru kelas 4 yang kami hormati, serta sahabat-sahabatku yang saya sayangi.

Marilah kita selalu memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, berkat karunia-Nya kita masih dapat belajar dengan keadaan sehat wal afiat.

Kali ini saya akan membacakan pidato dengan tema, "Peran Pelajar dalam Memberantas Korupsi". Pidato ini adalah tugas untuk mata pelajaran PKn.

Korupsi, adalah kata yang tidak asing di telinga kita saat ini. Di televisi, radio, koran, bahkan orang-orang pada memperbincangkannya. Mengapa korupsi banyak diperbincangkan? Itu karena saat ini banyak sekali orang yang melakukan tindakan korupsi. Tidak tua, tidak muda, semua sama saja. Mereka sungguh terlalu...!!! Lalu mau jadi apa Negara  Indonesia yang kita cinta ini?

Bapak guru dan sahabat-sahabatku yang cinta Indonesia. Peran pelajar dalam memberantas korupsi harus lebih ditonjolkan, supaya di kemudian hari tidak ada perilaku korupsi lagi, terutama para pejabat-pejabat Negara di negeri ini.

Kenapa sih banyak orang, khususnya pejabat negara korupsi? Ternyata eh ternyata, itu karena demi mendapatkan kekayaan dan harta yang melimpah, contohnya untuk membeli rumah mewah dan megah, untuk menghisasi rumah dengan intan dan permata, dan untuk membeli mobil Lamborgini atau Ferrari. Seharusnya untuk mendapatkan kekayaan dan harta, orang bekerja keras, banting tulang, bukan melakukan korupsi seperti itu?Betul tidak sahabat-sahabatku?

Betapa buruknya orang yang korupsi. Mereka sangat merugikan banyak orang dan membuat masyarakat menderita. Oleh sebab itu, marilah kita hindari korupsi, hapus kata korupsi dari perilaku-perilaku kita sehari-hari. Agar Indonesia menjadi lebih baik dan masyarakatnya lebih sejahtera.

Beli pecel ketemu Mbak Sasa,
Mbak Sasa lupa memesan nasi.
Pelajar adalah masa depan bangsa,
Mari kita berantas korupsi.

Terima kasih telah mendengarkan pidato saya, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam saya bertutur kata.

Akhir kata, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pidato tersebut dibuat oleh VIOLA DISTA AMELIA ZERDA. Siswa berbakat dan berprestasi dari kelas 4 SD 6 Cendono, UPT Pendidikan Kecamatan Dawe.


by Ahmad Zamroni

No comments:

Post a Comment